Asyiknya menikmati waktu bersama pasangan. (Freepik)
Asyiknya menikmati waktu bersama pasangan. (Freepik)
KOMENTAR

QUALITY time berdua dengan pasangan seringkali menjadi permasalahan yang membuat renggang hubungan emosional antara suami dan istri.

Kesibukan pekerjaan ditambah mengurus kebutuhan anak-anak menjadi penghalang bagi suami istri untuk menghabiskan waktu berdua saja.

Kondisi tersebut menjadi penyebab banyaknya pasangan merasa ketertarikan, gairah, dan kedekatan emosional mulai berkurang. Dan jika ini dibiarkan, bukan tak mungkin akan makin menjauhkan bonding suami istri.

Satu hal penting yang mesti dipahami adalah suami istri harus fokus pada kualitas, bukan kuantitas. Meskipun hanya punya waktu satu-dua jam sehari atau kurang, fokuslah pada momen terbatas itu. Jadikan kuantitas yang terbatas itu berkualitas luar biasa.

Nilai kebersamaan itu jauh lebih berharga dibandingkan panjangnya durasi waktu yang dihabiskan. Dengan demikian, suami istri tidak akan mengeluhkan kekurangan waktu berdua.

Berikut ini 3 jurus jitu untuk meningkatkan quality time bersama pasangan, dikutip dari Verywell Mind.

Berdekatan secara emosional

Kasih sayang antara suami istri harus tetap terjaga dengan cara keduanya menikmati momen intim berdua. Momen intim ini tak melulu harus berakhir di atas ranjang, tapi lebih kepada menjaga kedekatan emosional untuk membangun hubungan yang sehat. Suami istri bisa saling mengungkapkan rasa cinta dan sayang sambil berpelukan.

Fokuslah pada pasangan, buatlah kontak mata untuk bisa lebih menyimak dan memahami isi hatinya. Jadilah pendengar yang baik, berilah dukungan terhadap pasangan tanpa menghakimi.

Hindari gadget

Perbincangan suami istri boleh jadi ngalor ngidul, random, tentang topik yang acak, atau bahkan humor receh. Tapi yang terpenting adalah suami istri fokus satu sama lain. Dengan mengomentari banyak hal, satu sama lain dapat mengetahui pemikiran pasangan.

Bukan tak mungkin suami akan terkejut mendengar pendapat istrinya, atau sebaliknya. Kesibukan di luar rumah bisa jadi membuat kita tak aware dengan pasangan kita yang telah berubah sudut pandangnya terhadap sesuatu.

Jika suami istri menginginkan perbincangan yang meaningful, maka hindari penggunaan gadget selama berduaan. Nikmatilah momen berdua tanpa menduakannya dengan atasan, teman, klien, atau siapa pun yang mencoba menghubungi lewat ponsel.

Ingatlah bahwa kualitas kebersamaan lebih penting daripada berapa lama kita menghabiskan waktu bersama pasangan.

Temukan hobi baru untuk ditekuni berdua

Manusia sejatinya adalah makhluk yang berevolusi dalam pikiran dan perbuatan seiring kemampuannya beradaptasi dengan perubahan zaman. Mungkin ada keinginan-keinginan baru yang ingin diwujudkan atau kesukaan baru yang ingin ditekuni.

Saat suami istri menemukan hobi baru yang bisa ditekuni berdua, kegiatan itu dapat menjadi quality time yang ’daging’. Karena masing-masing bisa mengeksplorasi sisi lain dari hubungan suami istri, menemukan hal baru tentang pasangan, meningkatkan teamwork, mempelajari banyak hal baru, menciptakan kenangan baru yang mendalam, dan pastinya memperkuat ikatan emosional suami istri.




3 Jurus Praktis Mengubah Gagasan Jadi Tindakan

Sebelumnya

Benarkah Kepribadian Termasuk Faktor Genetik?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family